Besucher

Donnerstag, 11. Januar 2007

Kerja di Jerman

ke jerman untuk kerja emang beda ama untuk studi atau untuk sekedar jalan-jalan. Waktu untuk kerja disini kayak mobil bmw yang lari diatas 200 km/jam. Capek ngejarnya. Emang sih, kalo lu kerja dimana-mana gak ada yang gak cape, tul gak? (kalo ada...kabarin gw ya? no gw di indo 08176016884 :), serius gw tertarik kalo ada kerja yang gak cape, tapi harus bisa menghasilkan donk.)

Sebenarnya pas gw buat analisa dari hasil pengamatan gw langsung selama disini, ternyata dari segi durasi lebih lama sebenarnya waktu kerja di indo, emang gak semua profesi, tetapi rata-rata emang lebih lama di indo dibanding disini. Tapi yang memanrik tuh, waktu kerja disini selalu sangat maksimal. Cepat, disiplin dan profesional banget. Untuk kebanyakan orang indo (termasuk gw), kerja nyambi tuh gak bisa, tapi kalo lu mau belajar, gw saranin lu kesini deh. Banyak contoh, misalnya kalo dikantor pas lagi ngejar deadline laporan, terdesak ama waktu yang cuman kurang sejam lagi, karena sebelum meeting, tu report dah harus ada di meja bos, sebelumnya tentunya lu harus bolak-balik kayak setrika untuk nunjukin hansil kerja lu sebelum final dan diajukan ke meja bos untuk di approve, biasalah standart kantor-kantor umumnya kan kayak gitu, trus yang seru nih...kalo pas lagi pusing gitu, trus line telpon lu krang king gak abis abisnya, dan itu juga tuga lu. Jadi tetap harus dijawab. Awalnya dah kayak neraka, makanya reportnya salah ketik mlu, pas dah dapat ide nulis, eehh telppon dering, ada masalah urgent..harus diselesaikan..setidaknya kalo bukan lu, berarti lu harus tahu siapa yang in charge untuk itu, lu harus punya nomor telpon mereka lengkap, supaya gak perlu beranjak dari tempat duduk. Pas lu hubungi tuh rekan kerja lo, gak asal sambungin trus tutup..gaaakkkk...lu harus ceritain kronologisnya itu dari yang udah lu dengar dari sipenelpon, dengan demikian lu membantu rekan lu untuk cepat memberikan solusi, trus lu menunjukan kinerja perusahan lu dengan layanan yang sangat prosfesional sehingga client yg lagi nelpon bisa gak ngerasa dioper kayak bola kemana-mana dan yang terpenting lu bisa menghemat waktu lu sendiri untuk cepat selesai dengan urasan telpon itu dan ngejar dead line lu saat itu. Berapapun banyak telpon hari itu, lu harus tahu apa dan bagaimana harus menyelesaikan tugas lu haru itu. Harus tepat waktu dan gak boleh asal-asalan, apalagi ngak ngerjain sama sekali karena alasan telpon masuk banyaaaaaaakk buagettt. Lupain deh alasan itu, lu bakal diketawain ama rekan kerja yang lain. Kuncinya biar lu bisa juga sama ama mereka : lu harus bisa melakukan minimal 2 kegiatan dalam waktu bersamaan. Misalnya, mendengar dan sambil menulis, mendengar sambil mengetik, menelpon sambil jalan cepat, dll. Emang sih agak aneh untuk kita yang sedikit slow, tapi kalo gak gitu jadwal lu pasti akan kacau. Dijamin! Ingat: telpon yang krang kring itu, gak masuk dalam jadwal lu hari itu, so stay focus on jadwal.

Setiap hari ada jadwalnya, apa saja yang menjadi deadline untuk hari itu. Dan semuanya dah fix sejak dua minggu lalu. Jadi makanya disebut deadline untuk hari itu. Lu boleh protes kalo ngerasa waktunya gak cukup, tetapi itu harus dilakukan dua minggu lalu, bukan hari itu. Pokoknya kalo dah jadi jadwal, gak bakal deh asal-asalan. Gak ada alasan apapun yang boleh membatalkan atau meniadakan yang namanya jadwal. Mutlak tuh jadi deadline harian untuk dikerjakan. Harus konsekuen dalam kerja. See?

Emang ethos kerja tuh penting banget, harus jadi dasar. Kalo gw punya perusahaan pribadi, gw akan buat semua orang yang kerja untuk gw punya modal ini. Sayangnya gw cuman kuli juga disini.

Tapi gw akan lanjutin lagi tulisan ini dengan hasil penelusuran gw ke Arbeitsamt atau kantor urusan ketenaga kerjaan untuk menanyakan mereka, apa sih yang dibutuhkan orang indo untuk kelengkapan dokumen sebagai tenaga kerja asing di Jerman. Trus peluang kerjanya apa aja disini yang masih terbuka untuk orang asing, tentunya yang berkualifikasi. Gw sih dah dapet bocoran dari teman-teman jerman disini, katanya dokter. Alasannya adalah, belakangan ini banyak sekali dokter-dokter Jerman yang bekerja di inggris karena penghasilan mereka di sana jauh lebih besar dibanding di jerman sendiri. Biasanya mereka pulang sebulan sekali atau setiap akhir pekan untuk menemui keluarganya.

Peluang kerja untuk dokter indonesia di Jerman seberapa besar? Profesi apa aja selain dokter yang terbuka untuk orang indonesia di Jerman? Apa kata Arbeitsamt soal ijin kerja untuk orang indonesia di Jerman? Lu bakal tau itu setelah gw datang langsung ke dinas terkait.

Sampai Jumpa!


Kosa Kata untuk Thema ini

- M A S S I V -

Apa arti kata Massiv ?

Penjelasan:
Massiv artinya : stark, dauerhaft.

Contoh :
Die Arbeit ist sehr massiv.

Massiv heißt auch sehr grob
Contoh: Das ist ein massiver Mensch.

Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen